Gangliosida Optimalkan Kecerdasan anak

Gangliosida Optimalkan Kecerdasan anak 

Optimalisasi hubungan antar sel otak bayi dan balita sangat penting untuk dilakukan sejak dini agar proses kontsruksi otak berjalan lebih optial. Hubungan antarsel yang semakin kuat akan membuat ‘peta otak’ dan saling terjalin dan tersebar sehingga kemampuan bayi untuk belajar dan mengingat akan semakin baik.

 Pada saat dilahirkan, setiap bayi memiliki sekitar 100 milyar sel otak. Namun belum semua sel-sel otak bayi saling terhubung. Otak yang sedang berkembang, dapat dianalogikan sebagai jalan tol yang terus berubah dan berevolusi seiring dengan pemakaiannya. Jalan yang jarang dilalui mungkin akan ditinggalkan atau ditutup. Sementara jalan yang ramai makin diperluas dan rute-rute baru akan ditambah.  “Otak mengalami masa konstruksi semenjak janin hingga dekade pertama masa kanak-kanak. Selama masa konstruksi inilah lebih banyak sel-sel syaraf terbentuk dan dipakai. Kekuatan dan jumlah hubungan baru antar sel syaraf tersebut menjadi dasar untuk memori pada manusia,” ujar Dr. Paul McJarrow, PhD, Senior Research Scientist, Palmerston North, New Zealand, yang hadir pada media edukasi yang diadakan di Hotel Le Meridien, 11 Februari 2008.

Lebih lanjut Paul mengatakan, upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan hubungan antarsel tersebut adalah dengan pemberian nutrisi untuk otak dan stimulasi dari lingkungan sekitar. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan otak adalah gangliosida (GA). GA digunakan untuk pembentukan memori dan fungsi umum otak besar, pertumbuhan dan pembentukan sel syaraf serta sebagai modulator, yang melakukan transmisi informasi dan menyimpan data.

 Konsentrasi GA tertinggi ditemukan di area abu-abu, yaitu pada otak besar dan serebral korteks, yang meruapakan area penting untuk pembentukan memori. Selanjutnya, GA umumnya ditemukn di sel membran sel-sel saraf dan terpusat pada bagian akhir sel-sel saraf, di persimpangan sinapsis sehingga GA dipastikan memiliki pernanan penting. Secara alami, GA terdapat pada Asi dan dapat membantu kemampuan belajar dan penyimpanan memori. GA berperan penting saat perkembangan sel syaraf, saat pembentukan sinapsis dan dendrit. Oleh karena itu dianjurkan kepada orang tua untuk memberikan ASI pada bayinya. Untuk anak berusia diatas 1 tahun, orang tua bisa memberikan makanan yang mengandung GA, seperti susu formula yang mengandung GA, daging, dan telur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: